top of page

5 Tips Maksimalkan Puasa Ramadan Untuk Regenerasi Kulit

Dengan mendorong detoksifikasi.


Puasa merupakan salah satu bentuk detoksifikasi yang paling baik dan simpel. Puasa memberikan waktu istirahat bagi organ-organ tubuh sehingga tubuh bisa melakukan regenerasi sel dan mengganti sel-sel yang tidak sempurna. Ketidaksempurnaan sel ini terbentuk karena pola makan atau pola hidup yang buruk. Hal ini dapat menjadi pencetus penyakit seperti jerawat, inflamasi dan lainnya*.


Organ di tubuh ibarat seorang karyawan / pekerja... kalau diberi asupan ilmu yang tidak bagus, hasil kerjanya juga akan serupa. Begitu sebaliknya. Dan ketika pekerja ini diberi waktu istirahat berkualitas (bukan cuti tapi WFH yaa :D), keesokan harinya pasti dia akan lebih bugar dan segar.


Tapi ingat, tidak semua puasa = detoks. Puasa dapat menjadi detoksifikasi hanya jika dilakukan dengan berkualitas. Saat ramadan, kita justru cenderung kalap buat makan. Kita berpikir bahwa makan banyak ketika sahur diperlukan supaya tidak lapar. Dan saat berbuka, kita berpikir harus makan banyak untuk "membalas" rasa lapar yang dialami seharian.


Untuk dapat memaksimalkan puasa ramadan kali ini, berikut 5 tips:


1. Eat clean untuk sahur dan berbuka

Kurangi goreng-gorengan, lemak dan konsumsi gula yang terlalu banyak. Memakan makanan yang kurang sehat akan mendorong tubuh kita untuk bekerja lebih keras (I know, bakwan dan tahu goreng abang-abang emang paling nikmat apalagi minum es buah saat buka 🤤). Alih-alih, konsumsi makanan dengan sumber energi tinggi seperti telur, ikan, buah dan sayuran.


2. Minum air 30 menit sebelum makan dan hindari minum terlalu banyak setelahnya

Hal ini berfungsi untuk membantu melancarkan proses pencernaan. Khususnya bagi kamu yang memiliki riwayat sakit lambung. Setelah makan besar, tidak dianjurkan untuk minum air yang terlalu banyak, karena nutrisi dari makanan tidak dapat diserap dengan maksimal oleh tubuh.


3. Berhenti makan sebelum kenyang

Rasa kenyang merupakan suatu peringatan dari tubuh kita untuk berhenti makan karena beban kerja lambung sudah di batas maksimal.


4. Atur Jadwal Kamu Sendiri

Gausah terlalu saklek, atur jadwal kapan kamu mau fokus puasa detoks dan kapan kamu mau enjoy puasa ramadan seperti biasanya dengan makanan-makanan khas nya... sop buah, lumpia, bakwan, tempe goreng... nasi padang🤤


5. Stay active

Luangkan waktu untuk berolahraga / menggerakkan tubuh, sesederhana jalan sore di komplek atau melakukan 10 mins stretching. Endorfin yang dikeluarkan ketika berolahraga dapat mengurangi stres dan menjauhi kita dari berbuat gibah😝


Gak bosen aku ingatkan lagi untuk selalu dengarkan kondisi tubuhmu. Jika memiliki riwayat penyakit tertentu, konsultasikan ke dokter sebelum melakukan detoks.


sumber:

*Lebang, Erikar. Detoksifikasi.





11 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


Post: Blog2 Post
bottom of page