top of page

#BookInsights: IKIGAI, Discover Your Purpose

Oh.. this is one of my favorite books :) Jadi aku mau share beberapa insights yang aku dapat dari sini. Let's go!


Buku ini menjelaskan kenapa warga Okinawa di Jepang memiliki hidup yang lebih panjang dari rata-rata orang di dunia. Dan salah satu alasan utamanya adalah, IKIGAI.


Ikigai adalah alasan untuk hidup, alasan kita bangun di pagi hari. Setiap orang memiliki Ikigai di dalam dirinya, ada yang sudah menemukannya dan ada yang masih melalui proses pencarian. Pembahasan di buku ini memang fokus pada manfaat "umur panjang", tapi yang paling penting, mengetahui Ikigai akan memberikan hidup yang tenang, bahagia dan penuh makna.


Dari buku ini, konsep IKIGAI mengajariku 5 hal:

  1. Pentingnya untuk stay active. Sibukkan dirimu dengan sesuatu hal yang kamu sukai atau dengan melakukan hal yang baru. Mengekspos diri kita dengan sesuatu yang belum pernah kita lakukan/ketahui dapat melatih kesehatan otak dan mental. Kamu juga bisa bertanya pada diri sendiri, apa hal yang ingin sekali kamu lakukan tapi belum kesampaian? Then, it's time to do it!

  2. To show love to yourself; body and mind. Jaga kesehatan dengan menutrisi apa yang dibutuhkan tubuh. Buatku, sesimpel dengan tidur yang cukup atau menghadiahkan diriku dengan makanan favorit setelah rutin berolahraga. Warga Okinawa tahu bahwa jeruk nipis sangat baik bagi tubuh tapi tidak begitu enak untuk dikonsumsi. Jadi mereka suka sekali membuat kue jeruk nipis! (isn't it a great idea?!)

  3. Bermanfaat bagi orang lain – Di buku ini ada cerita tentang seorang ibu yang selalu merasa dirinya tidak berguna dan ingin mengakhiri hidupnya. Hingga suatu hari dia sadar bahwa kehadiran dirinya di dunia ini begitu berharga bagi sang anak dan bahwa sang anak tidak akan tumbuh menjadi seorang yang baik hati, bahagia tanpa dirinya. Aku percaya masing-masing dari kita pasti punya manfaat bagi orang lain dan terkadang, kita hanya perlu melihatnya dari sudut pandang yang berbeda.

  4. Be in the present moment, dalam aktivitas apapun yang kamu lakukan. Seorang Bill Gates suka sekali mencuci piring. Dengan “be present”, dia merasa mencuci piring membantunya menjadi lebih rileks dan menjernihkan pikiran. Buatku, jalan pagi selalu menenangkan.

  5. Stay connected. Membantu, berbicara, beraktivitas dengan orang lain membuat hidup lebih worthwhile/berharga. Tidak apa-apa punya circle yang kecil, selama hubungan tersebut berkualitas dan membuat kita menjadi orang yang lebih baik.

Lewat 5 hal di atas, aku yakin kita bisa menemukan Ikigai. Remember to take it easy and enjoy the process.


Jika mau tau lebih detail, aku rekomen untuk baca bukunya atau cek review dari Maudy Ayunda tentang 4 hal yang perlu diketahui untuk mengetahui Ikigai - 1) what you love, 2) what the world needs, 3) what you can be paid for, 4) what you are good at.


Thanks for reading, have a glowing day!


7 views0 comments

Comentários


Post: Blog2 Post
bottom of page