top of page

Baca Ini Kalau Mau Punya Kulit Putih

Indonesians have been obsessed with (having) white skin for years. Pola pikir ini tertanam karena adanya faktor seperti sejarah dan sumber hiburan yang berkiblat pada negara barat.


Ini dia 2 cara efektif untuk punya kulit putih.


Cara #1: Ubah Mindset

Tau gak? Sejak hampir 10 tahun yang lalu, minat terhadap kulit putih di Indonesia menurun setiap tahunnya. Sedangkan, minat pada kulit sawo matang terus meningkat cukup signifikan dan berada di titik kepopuleran yang paling tinggi sejak tahun 2017 hingga sekarang.


Skin Color Popularity / Interest (Year on Year) - Indonesia

Data source: Google Trends


Salah satu alasan mengapa ini terjadi adalah adanya dorongan atas diversity dan inklusivitas secara global. Yang membuat orang-orang mulai memahami dan mengerti bahwa kita itu berbeda-beda serta berbagai macam.


Apa yang aku sukai dari fakta ini, orang Indonesia terlihat mulai dapat menerima / embrace warna kulit asli mereka. Pencarian Google seperti "cara memutihkan kulit" "cara kulit putih alami" dan semacamnya, semakin tenggelam dengan pencarian personalisasi seperti "foundation untuk kulit sawo matang" "warna yang cocok untuk kulit sawo matang" "merek produk kulit sawo matang" "warna rambut untuk kuning langsat"


Buatku, ini adalah bukti bahwa pola pikir kita sebagai masyarakat Indonesia semakin sehat.



Cara #2: Do Your Research & Be Literate

Masih banyak brand-brand yang menjanjikan kulit putih sampai saat ini. Ironinya, janji itu datang dari brand-brand lokal yang seharusnya lebih memahami kebutuhan pasarnya.


Tapi ya... menurut kamu, bisa gak sih krim skincare mengubah warna kulit kita?


Kalau memang bisa, semua orang di dunia seharusnya punya 1 warna kulit, right? Faktanya, komposisi populer niacinamide seringkali dijanjikan dapat memutihkan kulit. Padahal, niacinamide bekerja untuk mengurangi hiperpigmentasi dengan cara mendorong produksi kolagen pada kulit sehingga kulit terlihat lebih cerah*. Jadi... bukan untuk memutihkan ya!


Saranku, jauhkan dan buang produk / brand yang menurut kamu klaim nya aja udah aneh.

Tingkatkan literasi. love yourself, accept yourself, always.


Have a glowing day!


Recent Posts

See All

Comments


Post: Blog2 Post
bottom of page