top of page

Jerawat? Kulit Berminyak? Percuma Pakai Skin Care Tanpa Paham Tipe Tubuhmu.

Dalam ilmu Ayurveda, ada 3 tipe tubuh yang dimiliki manusia. Dan masing-masing tipe mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda. Kebutuhan yang tidak terpenuhi, memiliki dampak yang cukup signifikan bagi tubuh, salah satunya masalah kulit. Konten kali ini akan membahas Ayurveda lebih detail untuk pahami tipe tubuhmu.


Ayurveda

Ayurveda merupakan bentuk ilmu pengobatan tradisional holistik yang berasal dari India. Ilmu ini menggabungkan aspek fisik, psikologis dan spiritual manusia. Merupakan salah satu ilmu tertua di dunia yang sudah ada sejak lebih dari 3000 tahun yang lalu. Ayurveda berasal dari bahasa sansekerta, "Ayur" (hidup) dan "Veda" (Ilmu), yang berarti ilmu kehidupan.


Dalam ilmu Ayurveda, ada istilah yang disebut dengan Dosha - yaitu tipe tubuh seseorang yang ditentukan berdasarkan kepribadian dan kondisi kesehatan. Karena kepribadian dan kondisi orang bisa berubah, Dosha pun juga dapat berubah seiring dengan berjalannya waktu.


Penjelasan sangat singkatnya, ada 3 (tipe) dosha:

  1. Vata: Orang yang memiliki Vata dosha biasanya merupakan orang yang energetik, kreatif dan memiliki tubuh yang ramping. Namun memiliki kekurangan seperti; tidak kuat dingin, memiliki pencernaan yang sensitif, nafsu makan yang tidak teratur, dll.

  2. Kapha: Jika kamu memiliki tulang yang tebal/besar, kuat dan rasa kepedulian yang tinggi - bisa jadi kamu masuk dalam tipe Kapha dosha. Kekurangan yang dimiliki seperti; berat badan mudah naik, metabolisme yang lambat, tidur berlebihan dan lainnya.

  3. Pitta: Orang dengan Pitta dosha memiliki tubuh yang sterk/berotot, atletis dan seorang natural-born pemimpin. Kekurangannya berupa memiliki tingkat kesabaran yang rendah, kulit sensitif, rentan terhadap inflamasi/jerawat, dan lainnya.

Seseorang bisa saja memilki 2 Dosha. Jika ingin memahami lebih lanjut tentang Dosha mu, klik link berikut untuk konsultasi.


Now, it's time to see your diet.

Masing-masing dosha memiliki kebutuhan diet atau asupan gizi yang berbeda.

  1. Vata: Tubuh mu membutuhkan makanan yang hangat dan halus - seperti oats, tumis-tumisan, pisang, buah beri. Dan perlu menghindari makanan yang pahit, dingin dan keras seperti es krim, kacang-kacangan dan sayuran mentah.

  2. Kapha: Tubuh kapha membutuhkan makanan asam dan pedas yang ada pada kebanyakan buah-buahan & sayuran, biji-bijian dan rempah-rempah. Kapha baiknya menghindari makanan berat dan berlemak.

  3. Pitta: Makanan yang ringan, tidak bertepung sangat baik bagi Pitta, seperti; oats, buah-buahan non-beri dan telur). Dan perlu menghindari makanan pedas, berat dan asam seperti daging merah, kentang dan rempah-rempah pedas atau terlalu kencang.


My Experience

Butuh waktu 3 bulan untuk aku benar-benar memahami tipe tubuhku. Aku juga sempat berkonsultasi dengan certified Ayurvedic teacher/master langsung dari India. Dan... comes to conclusion bahwa tubuhku memiliki Pitta dosha, kadang-kadang Vata. Ada beberapa hal yang aku rasakan setelah mengaplikasikan diet yang tepat untuk tipe tubuhku ini:

  1. Badan terasa lebih ringan, asam lambungku sembuh :) tidak pernah naik

  2. Berat badanku berubah dan sesuai dengan berat badan ideal (tadinya underweight)

  3. Masalah kulitku berangsur menghilang

  4. Kulit terlihat lebih sehat dan glowing

  5. Rambut dan kuku menjadi lebih sehat


Jika kamu butuh konsultasi lebih detail, hit me up!


Have a glowing day!

Recent Posts

See All

Commenti


Post: Blog2 Post
bottom of page