top of page

Kenapa Retinol Gak Ngaruh?

Lima (5) penyebab kenapa retinol gak ngaruh di kulit mu serta 5 tips agar lebih efektif. Poin-poin di bawah ini kudapat dari beberapa sumber profesional dan kusisipkan juga dari pengalaman pribadi.


1. Kulit Kering

Mengutip sumber dari everydayhealth.com, dokter kulit dari Amerika Serikat, Sheel Desai Solomon menyatakan bahwa kandungan Retinol meningkatkan pergantian sel kulit yang efektif, tetapi hal itu juga yang dapat menyebabkan kulit kering bahkan terkelupas.


2. Dibarengi dengan Penggunaan Bahan Aktif

Bahan aktif seperti salicylic acid, hyaluronic acid dan bahan pencerah lainnya bekerja dengan menyerap minyak pada kulit sehingga menyebabkan kulit lebih kering. Jika produk ini digunakan bersamaan dengan retinol, kemungkinan iritasi pada kulit akan lebih tinggi.


3. Dipakai di Pagi Hari & Tanpa Sunscreen

Banyak yang menyebutkan bahwa retinol dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap matahari. Tapi itu tidak tepat! Kandungan Retinol menjadi tidak aktif karena sinar UV. Jadi, skincare mu justru tidak bisa bekerja sama sekali.


4. Pemakaian Terlalu Sering & Tidak Konsisten

Retinol tidak disarankan untuk dipakai setiap hari, karena sifatnya yang drying. Kulit dapat mengalami iritasi & peradangan, bahkan hingga merusak skin-barrier. Menurut seorang dermatologis Ranella Hirsch, bagi kebanyakan orang, menggunakan retinol setiap hari dapat diusahakan secara bertahap; dari seminggu sekali, seminggu dua kali, setiap 2 hari sekali, dan seterusya. Perhatikan dan pahami bagaimana kulit mu beradaptasi.


5. Ekspektasi Yang Terlalu Tinggi

Satu hal yang perlu kalian ketahui... masalah di kulit mu tidak bisa diselesaikan dengan skincare saja. Apalagi hanya dengan satu produk. Kulit kita adalah organ yang paling besar di tubuh kita. Coba deh pikirin... apa yang membuat organ lain di tubuh mu sehat? Jantung, paru-paru, usus, dan lainnya? Yep, olahraga, breathing exercise / meditasi dan juga apa yang kamu makan. Hal tersebut lah yang aku sangat percaya bisa membuat kulit mu sehat secara signifikan (80 lifestyle: 20 skincare)


Tips

Beberapa tips dari aku supaya hasil retinol lebih efektif:


1. Aplikasikan retinol pada kulit yang normal atau lembab.

Ada 2 metode yang cukup umum untuk menggunakan retinol:

  • Gunakan pelembab terlebih dahulu, lalu retinol

  • Gunakan pelembab, retinol, kemudian pelembab (sering disebut sebagai sandwich method)

2. Keep your routine simple

Cara yang paling ampuh buatku selama 2 tahun ini adalah, mempersiapkan kulit dari seminggu sebelum menggunakan retinol (apalagi jika ini kali pertama mu). Selama seminggu, aku hanya akan menggunakan pelembab dan berhenti memakai produk dengan kandungan bahan aktif seperti salycid acid, hyaluronic acid.


3. Aplikasikan pada malam hari

You know why!


4. Gunakan secara konsisten

Sepengalamanku, jika kita terlalu lama berhenti menggunakan retinol, kulit akan mulai beradaptasi lagi dari awal. Jadi, mulai dengan pemakaian seminggu sekali dan jangan bolos! Kecuali, jika penggunaan retinol menyebabkan iritasi berlebih, segera konsultasikan pada profesional.


5. Be Kind to Yourself, Always

Gak bosen-bosen aku ingetin ini.. percayalah pada proses dan selalu dengarkan kulitmu. Jangan terpatok pada ekspektasi kulit yang kamu lihat di iklan atau di internet. Besar kemungkinan, yang kamu lihat di iklan atau internet sudah diedit sedemikian rupa!


Have a glowing day!

16 views0 comments

Comments


Post: Blog2 Post
bottom of page