top of page

Jus untuk Lawan Dampak Buruk Sinar UV pada Kulit

Tau gak bahwa paparan UV bisa menyebabkan bibir gelap? Dan juga... dapat memicu breakout, hiperpigmentasi dan banyak lagi?


Worry not, I got you.

Perkenalkan, my bestie (and soon to be your bestie), jus buah bit!

As usual, kenalan dulu dengan manfaatnya.



Bahan-bahan & Manfaat


1. Buah bit

Buah bit memiliki banyak manfaat kesehatan tubuh secara keseluruhan. Mengandung nutrisi penting seperti serat, antioksidan, potasium, vitamin C, zat besi, dan folat. Beberapa manfaatnya merupakan solusi dari masalah yang disebabkan oleh paparan sinar matahari;

  • mengurangi peradangan

  • membantu mengurangi jerawat, bekas jerawat dan hiperpigmentasi kulit

  • menghidrasi dan menutrisi kulit

  • mencerahkan kulit

  • mengandung sifat anti-kanker

Selain itu, buah bit juga membantu menurunkan tekanan darah, mencegah anemia dan meningkatkan kesehatan otak. Beberapa sumber menyebutkan bahwa buah bit juga dapat membantu penderita PCOS.

Beetroot is one of the healthiest root vegetables. -ndtv.com

bahan-bahan berikut sudah pernah aku bahas di artikel lain yaa.. dan akan aku bagikan kembali di sini detail nya


2. Wortel

Wortel punya banyak banget manfaat untuk kulit. Vitamin A dan C yang terkandung dalam wortel berperan sebagai antioksidan untuk menjaga sel imun dari kerusakan radikal bebas yang dapat menyebabkan hiperpigmentasi kulit, membuat kulit kusam, jerawat dan garis halus.


Kandungan beta karoten pada wortel juga dapat memperbaiki kondisi kulit secara keseluruhan dan melindungi kulit dari paparan sinar UV.


Selain baik untuk kulit, wortel juga baik untuk kesehatan hati dan mata. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa wortel dapat mengurangi resiko terhadap kanker. Namun, hati-hati bagi pengidap diabetes ya! Karena wortel dapat meningkatkan gula darah.


3. Kale

Selain dapat meningkatkan sistem imun, Kale mengandung antioksidan juga lho yang merupakan anti-aging property. Vitamin A yang terkandung juga dapat mendorong kesehatan kulit, rambut dan kuku. Terlebih lagi... buat kamu yang sering terpapar sinar matahari, Kale ini bagus banget karena dapat membantu meningkatkan kesehatan mata dengan menjaganya dari sinar UV.


Untuk penderita asam lambung (sepertiku hehe), Kale ini sifatnya cooling. Sehingga dapat menetralisir asam pada lambung.


4. Apel / Pir

Apel memberikan sentuhan magic pada resep ini. Dia memiliki duo power yang baik untuk kesehatan hati dan paru-paru, yang artinya berperan besar untuk mengurangi iritasi atau jerawat di pipi kanan dan pipi kiri (baca lebih detail di sini).


Apel juga bermanfaat bagi tulang, hati, syaraf dan otak.


Aku juga suka mengganti apel dengan alternatif lain, yaitu buah pir. Pir mengandung serat yang dapat membuat kulit lebih halus dan lebih plump!


Berita baik juga untuk pengidap diabetes ataupun para sweet tooth di luar sana, buah pir dapat meng-kontrol tingkat gula darah pada tubuh -- sehingga memperbaiki kolagen yang rusak disebabkan oleh lonjakan gula darah.


Takaran

  • 1/2 - 1 buah bit (kupas kulitnya)

  • 1 wortel

  • 1-2 helai daun kale

  • 1/2 - 1 buah apel / pir


Caranya

Resep ini perlu menggunakan slow juicer ya, karena bahan-bahannya yang cukup padat dan keras.

  1. Masukan semua bahan satu per satu ke dalam slow juicer dan nikmati.

  2. Nikmati di pagi hari karena jus ini juga merupakan sumber energy booster yang baik


Selamat mencoba dan have a glowing day!

Comentários


Post: Blog2 Post
bottom of page