top of page

Mini Pancake Kaya Vitamin C & Antioksidan

One of my favorite recipe!


Bahan-bahan & Manfaatnya

1. Tepung Oat / Rolled Oat

Oats are among the healthiest grains on earth - healthline.com

Yup, itulah kenapa aku suka banget sama Oat. Beberapa manfaatnya untuk kulit ialah kaya akan antioksidan. Kandungan ini sangat berguna untuk melindungi kulit dari radikal bebas. Yang paling menarik, Oat mengandung antioksidan kuat yang unik, disebut dengan avenanthramides, yang juga merupakan anti-inflamasi dan antiproliferative yang dapat memberikan perlindungan terhadap berbagai disfungsi sel dan patologi manusia, termasuk penyakit terkait penuaan. Uniknya lagi, kandungan ini hampir hanya ditemukan di Oat aja loh!


2. Telur

Telur memiliki kandungan lutein, yang dapat meningkatkan kelembapan dan kekenyalan kulit, serta protein, yang membantu meremajakan dan mengencangkan kulit. Kualitas telur yang paling baik ada di free-range egg (atau telur ayam kampung), merupakan telur yang diproduksi oleh ayam yang dilepas di alam bebas. Menurut DrAxe.com, free-range egg mengandung: ⅓ lebih sedikit kolesterol, ¼ lebih sedikit lemak jenuh, ⅔ lebih banyak vitamin A, 2 kali lebih banyak omega-3, 3 kali lebih banyak vitamin E, 7 kali lebih banyak beta-karoten (antioksidan).


3. Kurma

Adalah sumber vitamin C dan D yang sangat baik. Dapat membantu menjaga elastisitas kulit dan agar kulit tetap halus. Kurma juga memiliki kandungan anti-ageing dan mencegah penumpukan melanin yang dapat menyebabkan hiperpigmentasi pada kulit. Buah kurma ini juga memberi efek "melt" di mulut dan rasa manis pada pancake.


4. Blueberry

Buah yang satu ini kaya akan antioksidan yang dapat membantu melembabkan kulit dan memberikan healthy glow. Blueberry juga dikenal sebagai buah yang dapat mencegah penuaan - karena memiliki kandungan anthocyanin dan vitamin C yang mendorong produksi kolagen pada kulit, serta melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Tips membersihkan blueberry: Rendam dalam air hangat selama 30 detik - 1 menit. Angkat dan biarkan kering.


5. Madu

Madu memiliki khasiat healing atau penyembuhan yang luar biasa - memiliki sifat antibakteri, antiseptik dan anti-inflamasi yang kuat untuk kesehatan kulit secara alami. Madu juga dapat mendorong pembentukan kolagen pada kulit agar kulit tetap lembab, kenyal dan mencegah kerutan pada kulit.


6. Yogurt

Kandungan kalsium dalam yogurt membantu menutrisi kulit, rambut dan kuku secara efektif. Yogurt juga membantu melembabkan kulit karena kandungan Vitamin B nya yang bekerja sebagai lotion alami. Selain itu, yogurt memiliki bakteri baik yang menjaga kesehatan perut dan sistem imun pada tubuh.


Takaran

Untuk 1 porsi (3-4 mini pancake)

Berikut takarannya, klik link untuk liat merek apa yang aku pakai:

  • 5 sdm rolled oat (gluten free) / tepung oat

  • 1 butir telur

  • 3-5 buah kurma (dipotong-potong)

  • 10 buah blueberry

  • 1 sdt madu

  • 1 sdm yogurt (bisa lebih banyak sesuai selera)

  • 1 sdm tepung gluten free (optional)

  • minyak kelapa atau butter untuk memasak (optional)


Caranya

  1. Blender rolled oat hingga halus (jika menggunakan tepung oat, tidak perlu diblender - aku suka pakai rolled oat karena masih ada tekstur krispi saat dimasak)

  2. Masukkan oat yang sudah dihaluskan ke dalam mangkuk dan campur dengan 1 butir telur

  3. Masukkan potongan buah kurma ke dalam campuran pancake

  4. Tambahkan sedikit air dan tepung gluten free (optional) hingga adonan mencapai kekentalan yang pas

  5. Tuang sedikit minyak kelapa pada wajan / panci dan masak pancake 2-3 menit hingga warna sedikit kecoklatan

  6. Jika sudah masak, letakkan di piring dan tuang pancake dengan madu, yogurt dan blueberry


Comments


Post: Blog2 Post
bottom of page