top of page

Manfaat Olahraga saat Berpuasa

Saat berpuasa, tubuh kita beristirahat dan melakukan regenerasi sel-sel lama yang rusak dan mengisi menjadi sel-sel baru yang sehat. Makanya, ketika berpuasa dengan teknik yang benar, kulit akan lebih glowing, badan terasa lebih ringan dan fit.



Nah, jika ditambah berolahraga, tubuh kita akan melakukan optimisasi hormon*, yakni, tubuh kita mampu mengembalikan level hormon yang berlebih/kurang menjadi normal. Berikut beberapa manfaat nya:


1. Memperbaiki kualitas tidur

Tidur adalah waktu paling penting bagi kesehatan fisik dan mental. Tidur yang berkualitas meningkatkan daya kerja otak, meningkatkan stabilitas emosi dan mampu meningkatkan produksi kolagen untuk kesehatan kulit.


2. Meredakan panas dalam

Panas dalam biasanya muncul karena adanya inflamasi di dalam tubuh, karena makan makanan pedas (ini yang aku rasakan terakhir kali saat kalap buka puasa!), kurang tidur, stress dan lainnya. Ketika panas dalam, biasanya kulit terasa panas, wajah memerah dan berkeringat.

Berolahraga saat puasa mendorong optimisasi hormon yang dapat membantu meredakan panas dalam dan mengembalikan kondisi tubuh ke normal. Bisa juga dibarengi dengan berbuka puasa dengan makanan & minuman anti-inflamasi seperti air kelapa, air jahe, timun dan semangka.


3. Meningkatkan daya ingat

Optimisasi hormon ini juga bermanfaat bagi kemampuan kognitif dengan memperbaiki hormon estrogen. Hal ini mampu meningkatkan fokus serta daya ingat yang baik. Penting banget karena saat berpuasa kita cenderung lemes dan pengennya tidur aja!


Tips

  1. Ketika berpuasa pilihlah olahraga yang ringan tapi impactful dan tidak menguras napas (gak bikin ngos-ngosan!), seperti yoga atau pilates. Kita mau hindarin kegiatan yang bikin haus dan malah bikin kehabisan tenaga.

  2. Berolahraga 1-2 jam setelah sahur ketika tubuh masih tinggi energi

  3. Atau 1-2 jam setelah berbuka :)


Semoga membantu and have a glowing day!


source:


2 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


Post: Blog2 Post
bottom of page