top of page

Stay Minimal

Updated: Sep 18, 2022

Kenapa menurutku 10-steps skin care routine bukan solusi yang terbaik.


The 10-steps skin care routine goes a bit like this: a balm or oil cleanser (1), a foaming cleanser (2), an exfoliant (3), a toner (4), an essence (5), an ampoule or serum (6), a sheet mask (7), an eye cream (8), a moisturizer (9), and then either a thicker night cream or sleeping mask or an SPF (10). - Vox.com


Trust me, I tried all of these. Dan menurutku, proses ini sangat overwhelming. Langkahnya terlalu banyak dan ini lebih kepada bentuk konsumerism daripada skin care routine. Don't you think?


Our Body & Skin

Jessica De Fino dan Elle.com pernah mengatakan bahwa kulit kita sebenarnya mampu untuk menjaga tingkat kelembabannya sendiri. Ketika kita menggunakan suatu produk secara berlebihan, lapisan kulit kita akan mengirimkan sinyal pada tubuh untuk menghentikan kinerja alaminya dalam menjaga kelembaban kulit.


Itu lah alasannya, kenapa kulit seringkali terasa kering ataupun berminyak setelah menggunakan beberapa produk skin care. Karena kinerja alami kulit telah terhenti.


Tapi bukan maksudku untuk berhenti pakai skin care sama sekali ya! Saranku, keep it minimal dan tidak berlebihan. Supaya skin care kita tidak menjadi musuh bagi kulit.



My Minimal Skin Care Steps

Buatku, 1-3 steps skin care routine sudah cukup.

  1. Toner

  2. Moisturizer (pelembab): Dan aku berhenti pakai ini ketika kulit sedang terasa berminyak (biasanya karena over-apply, kadang emang suka ga sadar pakenya terlalu banyak haha atau juga karena kondisi cuaca yang lembab)

  3. SPF (di pagi dan siang hari) / Eye cream (di malam hari)



Last but not least...

Seiring bertambahnya usia, proses regenerasi alami kulit semakin berkurang. Berikut tips untuk mendorong regenerasi kulit secara alami. Famous people who do this: Miranda Kerr (look at her!)

  • Be Active! Olahraga secara rutin

  • Clean Eats :)

  • Minum air yang cukup


Terima kasih atas waktu nya! Have a glowing day!

Feel free to drop me a message jika ada yang mau dibahas lebih lengkap lagi ya!

38 views0 comments

Recent Posts

See All
Post: Blog2 Post
bottom of page