top of page

Menjaga Kulit & Tubuh dari Polusi

Saat ini Jakarta sedang dinobatkan sebagai kota dengan udara terkotor di dunia dengan AQI (Air Quality Index) tertinggi di 158 pada hari Kamis lalu (10/08) - ini 30x lipat lebih buruk dari level normal. Dan tentunya, sudah banyak yang merasakan dampaknya... demam, flu, batuk serta gangguan saluran pernapasan. Dan... apa ada juga yang mengalami kulit pucat dan kering-kering?


Sayangnya, belum ada solusi yang pasti dari pemerintah untuk menangani masalah ini. Jadi mau gak mau... kita harus belajar mandiri yah!


Aku punya 3 tips untuk jaga kulit dan kesehatan tubuh dari polusi!


1. Konsumsi Makanan Anti-Inflamasi

Buah bit adalah salah satu yang aku sarankan. Buah yang satu ini tinggi akan antioksidan, vitamin A, B-6 dan zat besi yang mampu membantu dektosifikasi racun dalam tubuh serta mendorong kelembaban kulit. Kamu bisa membuat jus bit di pagi hari, mengolahnya menjadi keripik atau sebagai campuran salad.


Selain itu, meminum ekstrak kunyit juga tidak kalah bagusnya. Karena mampu membantu meredakan inflamasi seperti jerawat atau kemerahan akibat polusi. Favoritku, dari Herbilogy (beli di sini).


Sebenarnya banyak lagi makanan anti-inflamasi, seperti timun, sayuran hijau, buah-buahan yang kaya vitamin C juga dapat membantu detoksifikasi racun dalam tubuh dan membuat kulit lebih sehat serta lembab.


2. Masker Yogurt

Alami dan mudah didapat. Masker yogurt berguna untuk mengangkat kulit mati dan mengecilkan pori-pori sehingga kulit lebih kencang dan bersih. Selain itu, masker yogurt juga memberi proteksi terhadap sinar UV serta mampu mengurangi inflamasi, kemerahan dan jerawat. Liat resepnya di sini.


3. Berpuasa

Ketika berpuasa, kita memberikan tubuh waktu untuk beristirahat. Sama seperti kita yang butuh istirahat dari bekerja atau mengerjakan tugas kuliah, tubuh kita juga sama. Puasa mendorong tubuh kita untuk melakukan detoksifikasi, yakni, memperbaharui sel-selnya serta membantu mengeluarkan racun dan segala zat yang berbahaya dari tubuh.


Namun, puasa hanya bisa menjadi detoksifikasi jika dilakukan dengan berkualitas. Baca lebih lengkap tips maksimalkan puasa. Buku "detoksifikasi" juga menyarankan untuk melakukan puasa 1-2x seminggu. Jika kamu muslim, kamu bisa melakukan puasa Senin & Kamis - tidak hanya dapat pahala, tapi juga dapat manfaat yang baik untuk tubuh!


Buat kamu yang memiliki kondisi tertentu seperti maag akut, tekanan darah rendah, silahkan konsultasikan ke dokter sebelum berpuasa detoks ya!


Selamat mencoba, have a glowing and healthy day!


7 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


Post: Blog2 Post
bottom of page